Cara budidaya kelinci hias


Kelinci merupakan hewan yang sangat disukai oleh anak-anak dan orang dewasa, Usaha beternak kelinci hias ini sudah dari dulu telah banyak dilakukan masyarakat, hal ini dikarenakan banyaknya orang yang hobby dengan kelinci tersebut. Selain lucu dan mempunyai bulu yang indah ternyata kelinci hias juga bisa mendatangkan rezeki hal ini yang mengakibatkan banyak orang Hobby kelinci hias juga melakukan usaha/ bisnis berjualan kelinci ini. Kelinci termasuk dalam ordo Lagomorpha yang dibagi atas dua family yaitu Ochotonidae dan Liporidae yang dibedakan atas rumusan giginya.

Taksonomi hewan kelinci:
Filum       : Chordata
Subfilum   : Vertebrata
Kelas      : Mammalia
Ordo       : Lagomorpha
Family     : Leporidae
Genus      : Oryctolagus
Spesies   : Orytologus Cuniculus
Tetapi dalam melakukan usaha ini bukanlah hal yang mudah hal ini dikarenakan sifat kelinci yang rentan terkena sakit maka setiap orang yang ingin melakukan bisnis ini harus benar-benar menguasai teknik memelihara yang baik.

Jenis - Jenis Kelinci Hias

Kelinci Anggora
Kelinci anggora mempunyai ciri-ciri fisik bulu sangat panjang, halus, tebal, dan kuat dengan variasi warna bulu coklat, putih, hitam, dan kemerahan. Kelinci anggora terdiri dari dua jenis anggora Prancis dan anggora Inggris. Kelinci Anggora selain dijadikan kelinci hias juga diternakan sebagai penghasil wool. Harga kelinci ini di Indonesia berkisar Rp 250.000 - Rp 3.000.000 per ekor yaitu umur 3 bulan sampai dewasa.




Kelinci Lion
Kelinci Lion atau kelinci singa termasuk kelinci anggora Inggris yang mempunyai ciri-ciri kuping pendek, wajahnya dipenuhi oleh bulu-bulu panjang yang halus sehingga mirip dengan singa. Kelinci ini dihargai Rp200.000 - Rp 2.000.000 per ekor yaitu untuk umur dari 3 bulan sampai dewasa.

    

American Chinchilla 
American Chinchilla memiliki ciri-ciri berwarna abu-abu gelap dengan warna mutiara abu-abu atau gelap, bentuk tubuhnyapun bervariasi untuk kelinci dewasa yaitu ada yang mini, sedang maupun besar. Kelinci ini harganyaberkisar Rp 150.000 - Rp 700.000 untuk kelinci umur 3 bulan sampai dewasa.



Kelinci Dutch 
Kelinci Dutch atau disebut juga dengan kelinci Belanda adalah kelinci yangmemiliki ciri-ciri bulunya pendek dan mempunyai banyak warna antara lain hitam putih, coklat, abu-abu, atau perpaduan warna itu. Tetapi dalam warna kelinci ini ada satu yang khas warnanya seperti melingkar seperti pelana berwarna putih dari punggungterus keleher sampai  kaki depan bagian belakang dan kepala hitam. Kelinci ini mempenyai bentuk tubuh yang mini, berat induk dewaanya saja hanya 1 - 2,5 kg


Kelinci English Spot
Kelinci ini memiliki ciri-ciri memiliki banyak warna pada bulunya dan bentuk tubuhnya lebih kelihatan langsing. umur 3 bulan sampai dewasa berkisar Rp 250.000 - Rp 3.000.000 


  
Kelinci Himalayan
kelinci ini memiliki nama lain kelinci cina atau kelinci Rusia, Kelinci ini mempunyai ciri-ciri berwarna putih diselingi dengan warna disekitar hidung, telinga, ekor, dan pada kaki setelah beranjak dewasa dengan mata berwarna merah muda, pada awal mulanya kelinci memiliki ukuran yang standart dengan bobot badan 2,5 - 4,5 kg, tetapi sekarang telah banyak ditemukan dengan ukuran mini dengan bobo badan 1 kg. Harga kelinci ini umur 3 bulan - dewasa berkisar Rp 150.000 - Rp 700.000
  



Kelinci Flemish Giant
Kelinci ini memiliki postur tubuh yang besar dapat memiliki bobot badan 13 kg dan bisa juga mencapai 23 kg dengan pemberian pakan yang baik. Umur 3 bulan - dewasa memiliki harga Rp 250.000 - Rp 3.000.000.

   

Kelinci Havana
Ciri kelinci ini memiliki tubuh pendek dan kecil namun memiliki tubuh yang kompak dan berotot, keinci ini juga memiliki kepala yang kecil dan leher yang tidak terlihat berat kelinci ini berkisar 2,75 kg untuk kelinci dewasa. Harga kisaran kelinci ini Rp 250.000 sampai Rp 1.000.000




Penyiapan Kandang.
Yang harus dipersiapkan lebih dulu adalah kandang. Kita harus memikirkan jenis kandang apa yang harus kita buat sebelum membeli calon pejantan dan induk untuk dikembangkan. Dilihat dari fungsinya, kandang kelinci dibedakan menjadi kandang induk untuk kawin, kandang induk dan anak-anaknya setelah melahirkan, kandang jantan, dan kandang untuk anak yang baru saja disapih. Setelah itu kita harus memikirkan bahan apa saja yang harus dibuat untuk menjaga keawetannya, jika kita memiliki modal yang cukup besar lebih baik kita membuat dari bahan yang terbuat dari besi agar lebih awet tetapi jika tidak ada bisa dari kayu dan bilah bambu.
Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi dalam melakukan pemeliharannya ,sebaiknya antara kelinci jantan dan kelinci betina tidak disatukan dalam satu kandang. Ini bertujuan agar kita bisa mengontrol waktu kawin mereka sehingga perkembangbiakan dapat berjalan secara teratur.

Menurut bentuknya kandang kelinci dibagi menjadi:

·      Kandang sistem pastal, biasanya diisi beberapa kelinci muda yang baru disapih . Biasanya satu kandang diisi oleh satu pejantan dengan 4-6 ekor betina.
·    Kandang sistem ranch ; adalah kandang yang memiliki untuk tempat kelinci berteduh dan halaman bermain yang dikelilingi pagar yang bertujuan agar kelinci tidak terlalu bebas berkeliaran dan terhindar dari predator yang merugikan.
·   Kandang battery; mirip sangkar berderet dimana satu sangkar untuk satu ekor dengan konstruksi Flatdech Battery (berjajar), Tier Battery (bertingkat), Pyramidal Battery (susun piramid). Perlengkapan kandang yang diperlukan adalah tempat pakan dan minum yang tahan pecah dan mudah dibersihkan.

Pemilihan pejantan dan calon induk
Pilih bibit yang kita sukai baik warna maupun punya potensi genetik pertumbuhan bulu yang baik, tidak cacat, mata bersih dan terawat, bulu tidak kusam, lincah/aktif bergerak. Dari segi ekonomi bibit yang bagus dan berkualitas akan lebih menguntungkan karena terjamin mutu dan kepastian produksinya. Ciri- ciri induk yang bagus adalah berbadan panjang dan bertulang pinggang lebar. Sedangkan cirri-ciri pejantan yang bagus adalah memiliki kelamin normal tubuh tidak cacat dan kelaminnya cukup besar dan hal ini dapat kita lihat dengan testes yang menggantung dibawah tapi tidak sampai menyentuh tanah ketika berjalan.
Dan untuk mendapatkan bibit yang bagus ini belilah ditempat yang memiliki reputasi yang baik di bidang kelinci supaya bisa menjelaskan recording/ silsilah dari kelinci tersebut.

Reproduksi dan Perkawinan
Kelinci betina segera dikawinkan ketika mencapai dewasa pada umur 5-6 bulan dan pada umur 7-8 bulan pada kelinci jantan. Bila terlalu muda kesehatan terganggu dan dan mortalitas anak tinggi. Bila pejantan pertama kali mengawini, sebaiknya kawinkan dengan betina yang sudah pernah beranak. Waktu kawin pagi / sore hari di kandang pejantan dan biarkan hingga terjadi 2 kali perkawinan, setelah itu keduanya dipisahkan lagi.

Kelahiran
Setelah perkawinan kelinci akan mengalami kebuntingan selama 30-32 hari. Kebuntingan pada kelinci dapat dideteksi dengan meraba perut kelinci betina. Pada hari ke 12-14  setelah perkawinan, bila terasa ada bola-bola kecil berarti terjadi kebuntingan. Lima hari menjelang kelahiran kita harus pisahkan dari kelinci lain dan masukkan kotak untuk tempat beranak nanti ke dalam kandang dan hal ini dapat kita lihat dari bulu induknya yang mulai berontokan dan membentuk palungan yang berguna sebagai penghangat saat anak kelinci lahir. Kelahiran kelinci yang sering terjadi malam hari dengan kondisi anak lemah, mata tertutup dan tidak berbulu. Jumlah anak yang dilahirkan bervariasi bisa mencapai sekitar 6-10 ekor. Perlu diperhatikan saat kelinci telah beranak harus dikasih makan yang cukup induknya dan jangan pernah menyentuh anaknya yang belum tumbuh bulu karena pasti akan terjadi kanibalisme induk memakan anak

Pakan dan Tempat Minum
Tempat pakan dan minum harus mudah diambil dari kandang untuk memudahkan membersihkannya dan memiliki bobot yang berat agar tidak mudah untuk kelinci menggulingkannya. Pakan yang diberikan dapat berupa rumput segaratau sayur-sayuran yang telah dilayukan dan beberapa buah sayuran seperti wortel dan lain-lainnya. Tujuan dilakukan pelayuan adalah untuk mengurangi kadar air yang ada agar mengurangi resiko kelinci mengalami kembung akibat hijauan tersebut. 

Komentar

Postingan Populer